Buku Bahasa dan Sastra - Metode Penelitian Pengajaran Bahasa Indonesia

Buku Bahasa dan Sastra - Metode Penelitian Pengajaran Bahasa Indonesia
Buku Bahasa dan Sastra - Metode Penelitian Pengajaran Bahasa Indonesia


Penulis         : Ninit Alfianika, M. Pd.
Kategori       : Buku Ajar
Bidang Ilmu : Buku Bahasa dan Sastra

Buku Bahasa dan Sastra - Metode Penelitian Pengajaran Bahasa Indonesia | Buku ajar ini merupakan buku yang digunakan untuk mendukung proses perkuliahan Metode Penelitian Pengajaran Bahasa Indonesia. Kompetensi yang harus dicapai pada mata kuliah ini adalah mahasiswa diharapkan mampu memanfaatkan konsep, teori, metodologi penelitian dan mengaplikasikannya ke dalam pengajaran/pembelajaran bahasa Indonesia. Pemanfaatan konsep, teori, dan metodologi tersebut direalisasikan ke dalam bentuk rancangan proposal penelitian pengajaran/pembelajaran bahasa Indonesia, baik berupa rancangan penelitian deskripsi, eksperimen, ex post facto, pengembangan, maupun rancangan penelitian tindakan kelas. Selain itu, mahasiswa juga diharapkan mampu menguasai teori pengertian dan dasar-dasar penelitian, tujuan, fungsi, asumsi, dan karakteristik penelitian, jenis Penelitian dan perbedaan penelitian kualitatif dengan penelitian kuantitatif, masalah penelitian, kajian pustaka, populasi dan sampel, variabel, instrumen penelitian, data dan sumber data. Mata kuliah ini dilaksanakan dengan 16 kali pertemuan.


Buku Bahasa dan Sastra ini terdiri dari 12 Bab. DImana bab I pendahuluan, dimaksudkan untuk mengantar sajian materi dalam bab-bab selanjutnya. Untuk itu dalam bab ini terdiri atas tiga subbab, yaitu (1) identitas mata kuliah, (2) ruang lingkup sajian materi, dan (3) sistematika penulisan. Bab II hakikat dasar penelitian, dimaksud untuk membahas pengertian penelitian, cara memperoleh pengetahuan, tujuan penelitian, dan fungsi penelitian. Bab III jenis-jenis penelitian, dimaksud untuk membahas penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan tepat. Penelitian kualitatif yang mencakup pengertian penelitian kualitatif, karakteristik penelitian kualitatif, tujuan penelitian kualitatif, dan fungsi penelitian kualitatif. Penelitian kuantitatif mencakup pengertian penelitian kuantitatif, karakteristik penelitian kuantitatif, tujuan penelitian kuantitatif, dan fungsi penelitian kuantitatif. Bab IV hakikat variabel, dimaksudkan untuk membahas hakikat variabel yang mencakup pengertian, jenis-jenis, dan pengukuran variabel. Bab V hakikat masalah penelitian, dimaksudkan untuk membahas hakikat masalah penelitian yang mencakup pengertian kajian pustaka, sumber kajian pustaka, tujuan kajian pustaka, kerangka konseptual, asumsi, hipotesis, pengertian kutipan, macam-macam kutipan, dan daftar rujukan. Bab VI hakikat variabel, dimaksudkan untuk membahas hakikat variabel yang mencakup pengertian, jenis-jenis, dan pengukuran variabel. Bab VII hakikat populasi dan sampel, dimaksudkan untuk membahas pengertian populasi dan macam-macam populasi; pengertian sampel, jumlah sampel di dalam penelitian, dan teknik penarikan sampel yang digunakan di dalam penelitian. Bab VIII hakikat instrumen penelitian, dimaksudkan untuk membahas pengertian instrumen, jenis-jenis instrumen, data, dan sumber data. Bab IX hakikat penelitian eksperimen, dimaksudkan untuk membahas pengertian, karakteristik, rancangan, dan perbandingan penelitian eksperimen dengan yang lainnya. Bab X hakikat penelitian korelasi, dimaksudkan untuk membahas pengertian, karakteristik, tujuan penelitian korelasi, dan perbandingan penelitian korelasi dengan yang lain. Bab XI hakikat penelitian pengembangan, dimaksudkan untuk membahas pengertian, karakteristik, rancangan, dan perbandingan penelitian pengembangan dengan yang lain. Bab XII, hakikat penelitian tindakan kelas, dimaksudkan untuk membahas pengertian, rancangan, dan perbandingan penelitian tindakan kelas dengan yang lainnya

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Buku Bahasa dan Sastra - Pemahaman Dasar Membaca

Buku Bahasa dan Sastra - Mengenal Ilmu Bahasa (Linguistik)