Buku Bahasa dan Sastra - Metode Penelitian Pengajaran Bahasa Indonesia
Buku Bahasa dan Sastra - Metode Penelitian Pengajaran Bahasa Indonesia |
Penulis : Ninit
Alfianika, M. Pd.
Kategori : Buku Ajar
Bidang Ilmu : Buku Bahasa dan Sastra
Buku Bahasa dan Sastra - Metode Penelitian Pengajaran Bahasa Indonesia | Buku ajar ini merupakan buku yang digunakan untuk mendukung
proses perkuliahan Metode Penelitian Pengajaran Bahasa Indonesia. Kompetensi
yang harus dicapai pada mata kuliah ini adalah mahasiswa diharapkan mampu
memanfaatkan konsep, teori, metodologi penelitian dan mengaplikasikannya ke
dalam pengajaran/pembelajaran bahasa Indonesia. Pemanfaatan konsep, teori, dan
metodologi tersebut direalisasikan ke dalam bentuk rancangan proposal
penelitian pengajaran/pembelajaran bahasa Indonesia, baik berupa rancangan
penelitian deskripsi, eksperimen, ex post facto, pengembangan, maupun rancangan
penelitian tindakan kelas. Selain itu, mahasiswa juga diharapkan mampu
menguasai teori pengertian dan dasar-dasar penelitian, tujuan, fungsi, asumsi,
dan karakteristik penelitian, jenis Penelitian dan perbedaan penelitian
kualitatif dengan penelitian kuantitatif, masalah penelitian, kajian pustaka, populasi
dan sampel, variabel, instrumen penelitian, data dan sumber data. Mata kuliah
ini dilaksanakan dengan 16 kali pertemuan.
Buku Bahasa dan Sastra ini terdiri dari 12 Bab. DImana bab I pendahuluan,
dimaksudkan untuk mengantar sajian materi dalam bab-bab selanjutnya. Untuk itu
dalam bab ini terdiri atas tiga subbab, yaitu (1) identitas mata kuliah, (2)
ruang lingkup sajian materi, dan (3) sistematika penulisan. Bab II hakikat
dasar penelitian, dimaksud untuk membahas pengertian penelitian, cara
memperoleh pengetahuan, tujuan penelitian, dan fungsi penelitian. Bab III
jenis-jenis penelitian, dimaksud untuk membahas penelitian kualitatif dan
kuantitatif dengan tepat. Penelitian kualitatif yang mencakup pengertian penelitian
kualitatif, karakteristik penelitian kualitatif, tujuan penelitian kualitatif,
dan fungsi penelitian kualitatif. Penelitian kuantitatif mencakup pengertian
penelitian kuantitatif, karakteristik penelitian kuantitatif, tujuan penelitian
kuantitatif, dan fungsi penelitian kuantitatif. Bab IV hakikat variabel,
dimaksudkan untuk membahas hakikat variabel yang mencakup pengertian,
jenis-jenis, dan pengukuran variabel. Bab V hakikat masalah penelitian,
dimaksudkan untuk membahas hakikat masalah penelitian yang mencakup pengertian
kajian pustaka, sumber kajian pustaka, tujuan kajian pustaka, kerangka
konseptual, asumsi, hipotesis, pengertian kutipan, macam-macam kutipan, dan
daftar rujukan. Bab VI hakikat variabel, dimaksudkan untuk membahas hakikat
variabel yang mencakup pengertian, jenis-jenis, dan pengukuran variabel. Bab
VII hakikat populasi dan sampel, dimaksudkan untuk membahas pengertian populasi
dan macam-macam populasi; pengertian sampel, jumlah sampel di dalam penelitian,
dan teknik penarikan sampel yang digunakan di dalam penelitian. Bab VIII
hakikat instrumen penelitian, dimaksudkan untuk membahas pengertian instrumen,
jenis-jenis instrumen, data, dan sumber data. Bab IX hakikat penelitian
eksperimen, dimaksudkan untuk membahas pengertian, karakteristik, rancangan,
dan perbandingan penelitian eksperimen dengan yang lainnya. Bab X hakikat
penelitian korelasi, dimaksudkan untuk membahas pengertian, karakteristik,
tujuan penelitian korelasi, dan perbandingan penelitian korelasi dengan yang
lain. Bab XI hakikat penelitian pengembangan, dimaksudkan untuk membahas
pengertian, karakteristik, rancangan, dan perbandingan penelitian pengembangan
dengan yang lain. Bab XII, hakikat penelitian tindakan kelas, dimaksudkan untuk
membahas pengertian, rancangan, dan perbandingan penelitian tindakan kelas
dengan yang lainnya
Komentar
Posting Komentar